Lagi jalan-jalan dari blog ke blog (bw), aku menemukan sebuah posting unik berjudul Masuk Telinga Kiri Keluar Telinga Kanan, cerita tentang pengalaman waktu SMA. Sang penulis memberi nama “kodil” sebagai tokoh utama ceritanya. Kodil yang bandel, kodil yang bengal, kodil yang lucu, kodil yang konyol, yang selalu jadi bulan-bulanan guru di sekolah, kodil yang memang pantas untuk di kenang dan di ceritakan.

Apa jadinya jika kodil adalah seorang yang biasa-biasa saja, bengal tidak pendiam tidak, istimewa tidak konyolpun tidak, tentu tak ada asyiknya cerita tentang seorang “kodil”.

Aku yakin, kamu, kamu, dan kamu, yang pernah duduk di bangku sekolah, semua punya kisah tentang sosok seperti kodil. Atau mungkin kamu sendiri, dulu… pernah menjadi seperti kodil…hahaha🙂

celakanya, dulu sewaktu SMA, aku duduk sebangku dengan orang yang mungkin jauh lebih “buruk” ketimbang kodil. Bukan hanya nakal, kodilku (tentu namanya bukan kodil, aku sebut saja kodil…biar enak ngingatnya) mempunyai setumpuk sifat buruk yang bikin siapapun tak akan berhenti menggeleng.

Selain bandel, usil, rese, kodilku juga pengutil (klepto), penyolong, penyontek, dan yang paling menyebalkan… pengentut!😦

Bukan sekali dua seisi kelas di bikin heboh karena aksi kentutnya yang dahsyat. Yang paling sengsara tentu saja orang yang duduk disampingnya… aku.

Sekarang, dua belas tahun sudah berlalu. Makasih mas Suwung, cerita tentang kodil membuat aku teringat almamaterku. Terutama…ingat kawan sebangku.

Aku mencoba menuliskan namanya di kolom search google, tak ada. Kucoba cari di situs web alumni SMAku, weleh…. ternyata kodilku adalah seorang konstributor tetap situs itu. Kuklik profilnya…weleh weleh weleh… Kodilku rupanya tidak lagi seperti kodil, dia adalah seorang staf ahli di kantor Gubernur di Semarang.

Yah, hidup memang aneh. Dulu kodilku paling sering kujitak batoknya, karena dia sibuk kasak-kusuk nyontek. Dia juga sering membekapkan hidungku ke pantatnya…pas dia kentut! Memang kurang ajar benar dia!

Sekarang, bahkan menelponya saja aku belum berani. Takut dia terlalu sibuk dan aku hanya akan mengganggu dia saja…..