Eits… jangan ngeres dulu membaca judul diatas😉 Ini bukan tentang aktivitas yang di larang UU APP Aku bukan mau bercerita tentang pengalamanku waktu bujanganan dulu… *Hehehe, buka kartu*. Juga bukan mau bercerita yang aneh-aneh semacam aksi spionase atau yang lainnya😀 Aku cuma mau menceritakan pengalamanku ngeblog pake HP. *lho, apa hubungan ngeblog pake hp dengan aksi ‘intip sana intip sini’ ?* Yah, silakan baca lanjut kalo minat, kalo nggak, langsung ke kolom komen saja dan tulis komentar anda…weeee ngareeep!*

NGEBLOG PAKE HP, seperti yang sering dikatakan, gampang-gampang susah. Gampang karena tidak perlu skil khusus layaknya menggunakan komputer desktop. Susah karena banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh sebuah perangkat handset, kecuali dengan trik, kode, dan tetek bengek lain yang rumit dan kompleks.


Untuk bisa ngeblog menggunakan komputer, syarat mutlak ya harus menguasai komputer. Dan engkau pun tahu itu bukan soal mudah. Sebaliknya, ngeblog pake hp, syaratnya cukup bisa baca bisa nulis, itu saja … hehehe.

Seandainya niat kita Ngeblog cuma sekedar mau menulis, wah…anak SD pun pasti bisa, asalkan dia terbiasa memakai hp. Kita tinggal ketik, lalu publish. Tapi tentunya kita ingin agar postingan kita bisa tampil menarik. Enak di lihat, enak di baca. Isi atau ide itu penting, tapi tampilan juga penting. Sehebat apapun gagasan seseorang, tak akan pernah di lirik orang jika disampaikan dengan carut marut karut sengkarut. Wah, bukan menggurui ya, maaf🙂 Nah, di sinilah kita perlu menguasai sedikit kode-kode html agar tulisan tulisan kita tertampil maksimal di halaman blog. Meskipun cuma menggunakan handphone, tampilan postingan kita bisa sebaik menggunakan komputer.

Memang, kode html adalah syarat mutlak bagi blogger yang cuma mengandalkan HP. Kode html diperlukan untuk mengatur tata letak gambar dan tulisan, bentuk dan ukuran huruf, menampilkan link, dan lain sebagainya. Silakan lihat, pelajari, atau bila perlu copy paste kode2 html disini ataudisini
Bagaimana kita tahu kode html apa saja yang diperlukan? Ini bisa jadi sedikit masalah. meskipun kode html biasanya bersifat umum, tetapi terdapat perbedaan antara satu situs dengan situs yang lain. Kode html yang biasa di gunakan di WORDPRESS misalnya, belum tentu diizinkan di BLOGSPOT, dll.
Untuk itu ada satu trik bagi blogger pengguna handphone, yaitu dengan memanfaatkan situs-situs pengintip script. Jadi kita bisa mempelajari kode-kode html dan script lain dari blog blog yang mapan. Kita bisa meniru gaya tampilan postingannya, gaya tulisannya, pengaturan (tata letak) gambarnya, pengaturan warna huruf dan latar belakangnya, template-templatenya dll.

Kita bisa membandingkan gaya postingan seorang blogger dengan blogger lain. Kita juga bisa mempelajari kode apa saja yang biasa dipakai di wordpress dan kode mana yang tidak biasa dipakai.

Istilahnya mungkin ‘mengintip dapur’, *bukan mengintip kamar mandi?? Hwaaaa!* apa yang diracik sehingga sajian menjadi enak dan menarik, itu yang kita coba ketahui.

Banyak situs yang menawarkan jasa gratis intip script ini. Karena kita bicara handphone, akan lebih enak jika menggunakan situs wap. Jangan khawatir karena situs-situs wap pengintip ini bisa menampilkan script dari situs web manapun, semisal wordpress. Kita bisa mengintip dapur blog orang lain dg memanfaatkan situs ini atauyang ini

Mungkin aktivitas ini akan membuat gerah orang-orang yang kita intip, (kalau mereka tahu, untungnya mereka tak akan pernah tahu) tapi… yah wong niat kita cuma mau belajar kok!

Sering seringlah mengintip, lebih sering mengintip, lebih baik kemampuan kita dalam mengolah kode html. Makanya aku kasih judul tulisan ini dengan ‘intip sana intip sini’, hehehe… Gak salah kan? Oke, moga bermanfaat!