Berkat dukungan JSR-75 ponsel java mampu menjalankan aplikasi yang meng-eksplorasi file. Tak heran banyak vendor mulai getol merilis aplikasi-aplikasi canggih yang dulu rasanya mustahil bisa berjalan di ponsel java. Sebagai contoh aplikasi file explorer, winzip, mobile PDF reader, bluetooth hack, dan lain-lain. Semua aplikasi-aplikasi tersebut bisa di unduh klik disini

Yang fenomenal tentu saja aplikasi web browser opera mini dengan kemampuan upload-download, save page,dll. Ini semua berkat JSR-75.

Satu yang amat di sayangkan, hingga kini folder game/aplikasi didalam ponsel belum bisa dieksplorasi sama sekali. Apakah pihak vendor ponsel belum memiliki teknologi untuk ini? Rasanya mustahil. Atau demi membendung laju pembajakan? Entahlah, tapi betapa menyenangkan jika kita bisa mengelola folder ini, kita bisa mengirim game atau aplikasi ke hp lain, mengunci, mengganti nama, mengelompokkannya ke dalam subfolder yang sesuai, tapi sekarang hal itu belum bisa di lakukan.

Ponsel Sonyericsson, sebagai contoh, hanya bisa menyimpan file-file jar dalam bentuk list (daftar). Bayangkan jika kita menginstal ratusan file jar, betapa susah memilih dan mencari file yang kita inginkan. Kita mesti mengurutnya satu persatu.

Nah, untuk menyiasati ini, aku punya sedikit tips yang mudah-mudahan belum basi. Banyak mungkin yang sudah tahu trik ini, tapi nggak apa, ya aku mempostingnya kembali.

Agar kita bisa mengelola file-file jar di Sonyericsson, kita harus mulai dari awal. Artinya file-file yang sudah terlanjur terinstal, tidak bisa di apa-apakan lagi. Untuk itu hapus saja file-file jar yang tidak begitu penting.

Agar bisa di kelola, kita harus mendownload file jar yang telah di konvert ke Zip. Di internet hampir semua game dan aplikasi jar tersedia juga versi zip-nya. Jika kebetulan game pavoritmu tidak tersedia versi zip-nya, download menggunakan pc, konvert ke zip, lalu transfer ke ponsel.

Setelah mendownload file jar sebanyak-banyaknya (tersimpan di folder other/lain), setelah itu download pula aplikasi winrar atau winzip (jar) klik disini, kamu tinggal tulis ‘winzip’ di kolom search. Download dan Winzip akan terinstal otomatis.

Sebelum menjalankan winzip, mungkin kamu perlu mengatur perizinan/akses aplikasi, tekan opsi, izinkan aplikasi mengedit dan menambah data? Pilih ya. Jalankan aplikasi winzip. Untuk mengekstrak file-file zip tadi, kamu hanya perlu mencari lokasi penyimpananya, tekan opsi pilih set path, tulis :C/other/, proses ekstraksi hanya bisa dilakukan satu per satu.

File-file hasil ekstraksi adalah file jar. Karena belum di instal, file jar ini masih akan tersimpan di folder other. Nah, di sinilah kita bisa mengelola file-file jar itu. Kita bisa mengirimkan file file itu ke manapun lewat bluetooth atau infrared. Jadi, kita bisa berbagi game/aplikasi dengan teman. Kelompokkan masing-masing file berdasarkan jenisnya. Misalnya ‘game balap’, ‘game petualangan’, ‘game pavorit’, dll. Kita ingin menjalankan game Street Racer 3D, misalnya, kita tinggal mencarinya di subfolder ‘game balap’. Kemudian menginstalnya. Setelah bosan memainkan, kita bisa menghapusnya dari daftar aplikasi. Suatu saat kita merindukan game itu, tinggal instal kembali.

Cara ini akan membuat folder aplikasi dan game tetap lapang. Sebab aplikasi dan game-game lain yang kurang penting kita simpan di folder other, yang bisa kita instal kapan saja kita mau. Tentu ini akan sedikit meringankan kinerja RAM, semakin banyak game terinstal, semakin berat kinerjanya, semakin lemot ponsel kita.

Proses instalasi file jar tidak butuh waktu lama, paling beberapa detik saja. Tentunya ini tidak mengurangi kenyamanan kita ketika hendak menjalankan sebuah game atau aplikasi.

Itu saja tipsnya. Harap di catat trik ini tidak berlaku di ponsel Nokia (di ponsel lain aku belum coba), sebab aplikasi winzip di ponsel Nokia tidak bisa mengekstrak file zip ke jar. File-file lain seperti mp3, mp4, file dokumen dll yg di konversi ke zip bisa diekstrak di Nokia menggunakan aplikasi winzip ini.