Hallo internet! Lama daku tak online. Seminggu lebih aku down, *down apanya, Semangat Ngeblog-nya?* Oh tidak, karena masih baru, semangatku masih teramat sangat menggebu-gebu.

Down bandwith-nya, bro!! bukan berarti BTS Indosat lagi error, tapi memang aku lagi nggak kebual pulsa, hehehe….internetan tiarap dulu demi dapur mengepul.

Kalau bicara soal semangat, jangan tanya! Buktinya, begitu ‘bandwith’ mulai ‘stabil’, nggak tanggung-tanggung, aku langsung ngepost lima artikel. hwa ha ha ha, moddhiar kowe, wordpress!!! Eh, yang modar bukan pak wordpress, tapi aku dan Nokiaku!

Bayangkan, ngetik lima artikel?!! tarolah satu artikel rata-rata 4000 karakter, jadi…20.000 karakter, dengan memakai jempol dan si nok-iyem. Apa nggak ancur tuh keypad? Nggak, bro!! Kan pake T9, ngetik jadi lebih cepat dan pijitan keypad merata.

Seminggu adalah waktu yang lama, untuk merancang postingan-postingan sampah macam diblogku ini, seratus pun kamu pasti bisa…*rendah diri mode on!*

NGEBLOG PAKE HP banyak sukanya, lebih banyak dukanya. Banyak hal yang belum bisa di lakukan sebagaimana layaknya Ngeblog memakai Desktop. Tapi lumayanlah, Setidaknya aktivitas penting seperti publish, edit widget, ganti tema, dan beberapa setingan lain bisa di lakukan dengan ponsel. Dengan bantuan Operamini, tentu.

Satu masalah yang sangat mengganggu adalah, ketika kita mengetik postingan yang cukup panjang (lebih dari 2000 karakter) sering kali koneksi terputus dan kita mesti log in kembali. Wah, ngetik 2000 karakter di ponsel bisa memakan waktu lebih 15 menit, waktu selama itu apapun bisa terjadi, misalnya…. tower indosat kesambar petir, hehehe! Apa artinya kalau koneksi putus dan login ulang? Kita mesti mengetik ulang….alamaak!

Untuk menyiasatinya ya tentu kita mesti mengetiknya secara offline, misalnya di folder catatan. Copy catatan tersebut dan ketika kita online tinggal paste di kolom yang di sediakan.

Sayang ponsel Nokia hanya mampu mengcopy paste beberapa ratus karakter saja. Jadi untuk postingan yang panjang, hal ini mustahil di lakukan kerena kita mesti keluar masuk browser. Di Nokia, ketika kita dalam mode ‘tulis’ tidak ada opsi untuk mengakses template, catatan, atau konsep (kecuali ketika ngetik sms/mms). Hanya ada opsi ‘tempel’, tentu setelah kita menyalin teks sebelumya.

Begitu juga ketika kita menggunakan operamini (versi legal!!), kita akan kesulitan meng-konsep postingan, kecuali menyimpannya secara online di folder konsep di server wordpress.

Untunglah, ada orang Rusia yang berbaik hati mau beramal soleh, wekekeke…. merilis Opera mini versi modif. Kelebihan dan kecanggihannya? Kamu semua sudah pada tahu. Yang terpenting bagiku, adalah fitur ‘template’. Jadi ketika kita sedang mengetik, opmod menyediakan opsi ‘template’.

Di folder template kita bisa menyimpan kata atau kalimat atau ucapan atau apa saja yang hendak atau sering kita tuliskan. Kita juga bisa membuat sub-sub folder, misalnya template untuk kode html, tempate untk ucapan salam dan perpisahan, dan lain-lain. Bahkan untuk menyimpan artikel panjang yang suatu saat nanti akan kita posting.

Folder template opmod tidak bisa di akses dari opsi ‘menu’. Tetapi hanya bila kita dalam mode ‘tulis’, tekan pilihan, pilih template. Kita pun bisa mengeksplorasinya sesuka hati.

Nah, di folder template operamini mod inilah aku mengetik kelima artikelku, dan menyimpannya. ‘Suatu hari nanti’, pikirku, ‘aku akan mempublish semuanya, ciaaaaat!! soal siapa yang mau bela-belain bersusah payah membacanya, yaach…. kamu pasti mau membacanya!’ *rendah diri mode off!!!*