Dari dulu aku kesengsem sama hp cina, selain karena TV dan dual simnya, itu lho layarnya yang lebar tentu menyenangkan buat browsing pake opera mini.

Karena penasaran akupun bertanya ke forum sana dan forum sini. Di peroleh jawaban bahwa kebanyakan ponsel Cina tidak support java, dan beberapa merk yang mendukung javapun biasanya tidak mampu menjalankan opera mini…yaaa kuciwa deh!

Masih penasaran dengan ponsel Cina, aku membeli tabloid pulsa. Ternyata hp Cina memang tak ada javanya. Tapi yang menarik, ada satu fitur yang hampir merata di seluruh hp merk Cina, yaitu ‘ebook reader’.

Wah… Menarik nih, membaca ebook di hp yg layarnya super besar…
Aku pun browsing sana browsing sini lagi, mencari tahu soal ebook reader itu. Dan diperoleh kepastian bahwa ebook reader itu hanya bisa membaca file *.txt, yaaa…kuciwa pula deh.

Kalo sekedar txt reader sih bukan hal yang luar biasa… Opmod 3.1 yang kini ada di Nokiaku pun bisa membaca txt dengan baik.

Hilang deh keinginan membeli hp cina…
Oya merek lain seperti Benq dan LG pada beberapa tipe juga menyematkan fitur ebook reader ini.

Konvert file ebook pdf, chm, djvu dll ke txt, transfer ke hp, kita pun bisa menikmatinya. Karena aku tak punya PC, aku mengkonvert secara onlen, disini alamat nya.